Monday, July 13, 2015

WORKSHOP MENDONGENG for Desa Cileuksa, Halimun- Bogor

Wohooo...
RDP kembali berkesempatan untuk berbagi pengalaman mengenai teknik mendongeng. Dan kali ini kami mendapat undangan dari kakak-kakak di Gugah Nurani Indonesia (GNI). Memberikan pelatihan untuk ibu-ibu serta pemuda pemudi menjadi sasaran tujuan kali ini. Pemilihan lokasi pun ditetapkan dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu. Dan akhirnya, sampailha kami di Desa Cileuksa, Bogor. Desa terujung di Bogor, yang merupakan perbatasan antara Bogor dan Rangkas Bitung. Desa ini berada di bawah kaki Gunung Halimun. Medan yang di lalui pun cukup 'uwow'. Berbekal kendaraan Land Crover, akhirnya Kak Angga dan Kak Echa yang akan bertugas membawakan materi, sampai juga di Desa tujuan (Sudah sedikit terbayang dong, gimana awal seseruan mereka akan dimulaiii.......)

And, Here's Our Story on 1-3 July 2015
-Cileuksa, Bogor-

Day 1.
Keseruan Kak Angga dan Kak Echa hari ini di mulai tepat jam 9 pagi. Berbekal materi yang sudah disiapkan dengan matang oleh tim kami serta bertemankan udara sejuknya kaki Gunung Halimun, sudah pasti menjadi penambah semangat untuk memulai berbagi pengalaman.
Hari ini difokuskan pada teknik2 pengenalan dasar dari mendongeng. Tentang: Tujuan dan manfaat mendongeng, hal2 yang harus diperhatikan dalam memulai suatu dongeng, tips-tips mengatasi situasi di lapangan serta meng'handle' anak-anak, media-media apa saja yang dapat digunakan dalam bercerita termasuk bagaimana cara seru untuk dapat menyampaikan sebuah cerita dengan media tersebut. Komponen-komponen cerita dalam mendongeng, Metode mendongeng, Pemilihan pesan serta Cara penyampaian nya ke dalam cerita pun tidak luput dari pemberian materi kami hari ini.
Disamping itu, teknik penyampaian dongeng jika di lakukan di suatu tempat pun juga turut kami bagikan. Bagaimana menfokuskan kepada eye contact, intonasi suara, atau membuat suara-suara lucu lainnya.
Tidak lengkap rasanya jika mendongeng dilakukan tanpa alat bantu. Maka kami pun membagikan materi mengenai bagaimana membuat salah satu media mendongeng. Kami mencoba berbagi cara membuat wayang, kaos kaki bercerita, sampai ke handpuppet.
Dan... hari pertama ini kami tutup dengan "Praktek Mendongeng". Berbekal dengan beberapa media dongeng yang sudah kami bagikan maka saatnya peserta beraksi. Berlatih bagaimana mendongeng sebenarnya dengan media tersebut.

Day 1.
 Yuuk,,, Belajar Mendongeng
Pengenalan serta pemberian materi. Peserta di ajak untuk membuat alat bantu untuk mendongeng
Day 1.
 Pengenalan serta pemberian materi. 
Peserta di ajak untuk membuat alat bantu untuk mendongeng




Day 1.
Peserta belajar untuk bercerita. Mempraktekan materi yang sudah disampaikan

Day 2.
Seru nya hari ini pun kami mulai lagi...
Ice breaking dan games menjadi pembuka workshop hari ke dua. Mencoba mengenalkan kepada peserta mengenai beberapa games kecil serta tips-tips untuk melakukan ice breaking menjadi pembekalan materi kami hari ini.
Anak-anak sangat menyukai sebuah keseruan. Dongeng merupakan salah satu keseruan buat mereka. Disamping itu ice breaking pun tidak serta merta bisa luput dari bagian keseruan tersebut. Karena alasan ini lah, materi ini sampaikan. Menjaga pola 'mood' anak sangatlah penting. Menjaga kestabilan 'sebuah keseruan' buat mereka harus dilakukan dengan tepat pula. Pemilihan games atau gerak lagu yang sesuai harus tepat sasaran. Bisa dilihat dari jumlah peserta, usia anak, atau pun lokasi bermain atau mendongeng.
Kami pun mengajak peserta untuk berpikir kreatif menciptakan games dan ice breaking versi mereka sendiri..
Seseruan kami hari ini ditutup dengan: Bonus mendongeng untuk adik2... Karena, ternyata selama 2 hari ini kami memberikan materi, banyak juga sahabat-sahabat kecil kami yang ikut 'mengintip' lho..


Day 2.
Pembekalan Materi tentang Ice Breacking, Games
 serta sedikit mengulang penciptaan 'gimik2' lucu untuk mendongeng










Day 2.
Bonus Mendongeng untuk si sahabat-sahabat kecil.

Day 3. 
"Let's Makes Our Own Story"
Hari ini merupakan hari terakhir kami..
Dari awal pelatihan workshop kami selalu memfokuskan untuk santai. Karena mendongeng itu harus dilakukan tanpa beban. Yaa..layaknya jika kita bercerita dengan orang lain biasanya..
Maka..hari ini kami mengajak peserta untuk: "Yuukk.. buat cerita mu sendiri"..
Imajinasi dan kreatifitas menjadi salah satu bagian penting dari mendongeng. Dan setiap orang bisa melakukan itu.
Kami pun mencoba membagi peserta ke dalam beberapa kelompok. Kemudian mereka berdiskusi untuk membuat cerita mereka sendiri...
Dan.. Yang menjadikan kami pribadi makin happy, karena cerita-cerita yang dibuat oleh para peserta ternyata sangat kreatif dan bagus. Mereka pun gak malu-malu lagi untuk praktek mendongeng..

----------------------

Wohooo...
Bahagianya kami.
Kami yakin mereka sudah siap untuk mendongeng. Membagikan keceriaan serta hal-hal positif melalui cerita mereka sendiri. Cerita yang akan mereka sampaikan untuk anak mereka, adik mereka, keponakan mereka, atau siapapun yang ada disekitar mereka...

Day 3.
" Because You Can Make Your Own Story"
-Then Share Your Happiness to People Around You-




#RDP'sProject
#WorkshopMendongeng

"Create Your Story. Share Your Happiness with Others. And Do It with a Great Love"
-Kath-


No comments:

Post a Comment